biologi unnes | konservasi | Pengabdian |
December 4, 2021

Tim Pengabdian kepada Masyarakat FMIPA UNNES Bantu SDN Jatibarang 03 Membuat Green House

Tim Pengabdian Kepada Masyarakat FMIPA UNNES membantu SDN Jatibarang 03 untuk membuat green house. Rumah kaca yang berada di lingkungan sekolah tersebut, dijadikan sarana belajar siswa.

Ketua Tim Pengabdi, Dr. Sigit Saptono, M.Pd. mengatakan, green house atau sering juga disebut dengan rumah kaca merupakan salah satu bentuk upaya konservasi. Yakni memelihara dan membudidayakan tanaman dalam satu kondisi yang terlindung dari sinar ultraviolet (sinar matahari).

”Greenhouse sebagai bentuk upaya konservasi lingkungan sekolah, sehingga dapat memberikan fasilitas belajar bagi siswa,” ujarnya. Selain Dr. Sigit Saptono, M.Pd., Tim Pengabdian Kepada Masyarakat FMIPA UNNES beranggotakan Dr. Siti Alimah, M.Pd. dan Drs. Ibnul Mubarok, M.Sc.

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini mengambil tema Pemberdayaan Lingkungan SD Negeri Jatibarang 03 Kecamatan Mijen, melalui Pengadaan Green House sebagai Sumber Belajar Siswa Berorientasi Konservasi.

Tujuannya adalah untuk memberdayakan potensi lingkungan sekolah di SDN Jatibarang 03, karena sekolah tersebut memiliki lahan luas yang belum termanfaatkan.

Siswa SDN Jatibarang 03 bermain dan belajar di sekitar Greenhouse yang ada di lingkungan sekolah, Jumat 3 Desember 2021 (Dokumentasi: suaramerdeka.com)

Dr. Sigit Saptono, M.Pd. menuturkan, teknik pendampingan dilakukan pada saat pengadaan green house dan praktik konservasi. Baik dalam memberdayakan, mengelola, memanfaatkan, dan memelihara greenhouse sebagai sumber belajar bagi siswa.

”Terbangunnya green house di halaman sekolah yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar siswa berwawasan konservasi” tambahnya.

Adanya green house di lingkungan sekolah diperoleh beberapa manfaat. Seperti aplikasi konservasi di lingkungan sekolah. Kemudian terciptanya fasilitas sumber belajar bagi siswa untuk belajar mengenal dan memelihara lingkungan. Harapannya, siswa akan memiliki kepedulian terhadap lingkungan sekitarnya. ”Manfaat lain, yakni meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses pembelajaran di sekolah,” ujarnya.

Sumber: https://www.suaramerdeka.com/semarang-raya/pr-042045919/unnes-bantu-wujudkan-green-house-sdn-jatibarang-03-sarana-belajar-siswa?page=all

profil program studi Biologi

SASANA KULTURA

Potensi Biodiversitas Gunung Ungaran