SEJARAH

Sejarah perkembangan Universitas Negeri Semarang, sebelumnya berupa IKIP Semarang, dimulai dengan adanya Peraturan Pemerintah No.7 tahun 1961 tertanggal 15 Oktober 1960, yang merupakan hari jadi Universitas Diponegoro dengan salah satu fakultasnya adalah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) yang bercabang di Surakarta. Pada tahun 1962 oleh Menteri Pendidikan Dasar dan Kebudayaan didirikan Lembaga Pendidikan Guru (LPG) yang baru, Institut Pendidikan Guru (IPG), dengan fungsi dan tujuan yang sama dengan FKIP.

Untuk menghindari dualisme pendidikan guru tingkat universitas, Presiden dengan Keputusan Presiden tanggal 3 Januari 1963 No.1/ 1963 menyatukan FKIP dan IPG menjadi Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) yang setaraf Universitas di dalam lingkungan departemen PTIP. Keputusan tersebut dilaksanakan Menteri PTIP tanggal 22 Mei 1963, No. 55 Tahun 1963 tentang Penyatuan FKIP dan IPG di Jakarta, Bandung, Malang dan Yogyakarta ke dalam IKIP. Saat itu, FKIP UNDIP dan FKIP UNDIP cabang Surakarta dinilai belum dapat berdiri sendiri, sehingga sesuai Keputusan Menteri No.35Tahun 1964 ditetapkan FKIP UNDIP menjadi IKIP Yogyakarta cabang Semarang.

Diperkirakan IKIP Yogyakarta cabang Semarang akan berkembang lebih cepat di masa mendatang, sehingga sambil menunggu Keputusan Presiden, melalui Keputusan Menteri PTIP tanggal 8 Maret 1965 No. 40 tahun 1965 IKIP Semarang ditetapkan sebagai lembaga yang berdiri sendiri, dengan fakultasnya terdiri atas Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Fakultas Keguruan Sastra dan Seni (FKSS), Fakultas Keguruan Ilmu Sosial (FKIS), Fakultas Keguruan Ilmu Eksakta (FKIE), dan Fakultas Keguruan Teknik (FKT). Surat Keputusan Presiden No.271 tahun 1965 turut mensahkan berdirinya IKIP Semarang pada tanggal 30 Maret 1965.

Mulai tahun 1965, FKIE memiliki 4 jurusan yaitu: Jurusan Ilmu Pasti, Jurusan Ilmu Kimia, Jurusan Ilmu Alam dan Jurusan Ilmu Hayat, kemudian berdasarkan Keputusan Presiden No.52/ 1982 FKIE diubah menjadi Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FPMIPA) dengan jurusan Pendidikan Matematika, Pendidikan Kimia, Pendidikan Fisika dan Pendidikan Biologi. Sedangkan pada tahun 1999 berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 124 Tahun 1999 tentang perubahan IKIP Semarang, Bandung dan Medan menjadi Universitas, maka nama IKIP Semarang diubah menjadi Universitas Negeri Semarang (UNNES). Berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.278/O/1999 tentang Organisasi dan Tata Kerja Universitas Negeri Semarang, nama FPMIPA juga diubah menjadi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). Perkembangan berikutnya dengan adanya wider mandate maka FMIPA tidak hanya mendidik calon-calon guru saja tetapi juga membuka program studi non kependidikan.

Jurusan Pendidikan Biologi diubah menjadi Jurusan Biologi dengan dua program studi yaitu Program Studi S1 Pendidikan Biologi dengan Akreditasi B per 18 Juni 2004 No. 06637/Ak-VIII-S1-024/IKSPNB/VI/2004 dan Program Studi S1 Biologi dengan Akreditasi A per 21 Desember 2004 No. 07028/Ak-VIII-S1-053/IKSBLI/XII/2004. Sejak mengemban tugas membawahi dua program studi, tidak ada pemisahan tugas sekretaris jurusan, kepala laboratorium, dosen, tenaga administrasi dan teknisi laboratorium untuk masing-masing program studi. Ketua Jurusan Biologi merangkap sebagai ketua Prodi Pendidikan Biologi, dan Prodi Biologi dipimpin Ketua program studi Biologi.