LABORATORIUM

A. LAYANAN PRAKTIKUM

formulir  bon alat bahan praktikum dapat diunduh di sini


B. LAYANAN SATU PINTU

Layanan satu pintu laboratorium biologi berupa :

  • Penelitian
  • Pengabdian
  • Peminjaman alat
  • Permohonan Bahan
  • Peminjaman unit laboratorium
  • Pengujian/Pembuatan sampel
  1. User datang ke laboratorium menemui pranata laboratorium pendidikan yang bersangkutan dengan layanan yang diminta, pranata laboratorium memberikan penjelasan dan menjawab pertanyaan user berkaitan dengan layanan yang dibutuhkan.
  2. User mengambil keputusan mengenai layanan yang akan dilakukan di laboratorium biologi. Jika keputusan yang diambil YA yaitu akan menggunakan layanan yang ada di laboratorium biologi maka user membuat surat yang ditujukan ke kepala laboratorium biologi serta melengkapi formulir-formulir (diunduh di laman biologi http://biologi.unnes.ac.id) yang berkaitan dengan layanan yang akan digunakan di laboratorium. Bila keputusan user TIDAK maka kegiatan ini berhenti di sini.
  3. Untuk user yang telah melengkapi surat dan formulir maka diberikan kepada customer service laboratorium.
  4. Customer service laboratorium akan memeriksa kelengkapan surat ijin, formulir dan meminta tanda tangan ke kepala laboratorium.
  5. Kepala laboratorium menandatangani formulir kelengkapan layanan dan membuat memo ditujukan kepada pranata laboratorium pendidikan yang bersangkutan.
  6. Surat ijin dan formulir kelengkapan layanan di arsipkan oleh customer service.
  7. Pranata laboratorium pendidikan menerima memo dari kepala laboratorium dan berkoordinasi dengan koordinator unit laboratorium dalam melaksanakan layanan yang diminta.
  8. Pranata laboratorium pendidikan melaksanan layanan sesuai permintaan user dan melaporkan hasil ke customer service.
  9. Hasil yang diperoleh dari pranata laboratorium pendidikan dibuat laporan hasil layanan oleh customer service dan dimintakan tandatangan kepala laboratorium dan ketua jurusan biologi.
  10. Setelah layanan yang diminta lengkap customer service menghubungi user untuk menyelesaikan urusan administrasi.
  11. User menyelesaikan urusan administrasi dengan customer service.
  12. Customer service menyerahkan hasil layanan kepada user dan mengarsipkan hasil layanan.
  13. Proses pelayanan di laboratorium biologi selesai.

form penelitian dapat diunduh di sini


C. LAYANAN BEBAS LABORATORIUM

  1. Mahasiswa mengisi formulir bukti fisik bebas laboratorium yang dapat diunduh di laman biologi  di sini
  2. Masing-masing teknisi/PLP menerima formulir bukti fisik bebas laboratorium dan menandatangani formulir tersebut apabila mahasiswa yang bersangkutan tidak memiliki tanggungan peminjaman alat/pemakaian bahan.
  3. Apabila mahasiswa yang bersangkutan masih ada tanggungan peminjaman alat, mahasiswa tersebut diminta untuk mengembalikan alat yang dipinjam dan menyelesaikan administrasinya.
  4. Formulir bukti fisik diserahkan ke salah satu teknisi/PLP (petugas administrasi) dengan dilengkapi formulir surat bebas tanggungan perpustakaan.
  5. Formulir bukti fisik diberi nomor dan ditandatangani oleh Sri Siswati, A. Md (rangkap 2).
  6. Selanjutnya formulir tersebut ditandatangani oleh Kepala Laboratorium dengan disertai Surat Keterangan dari Fakultas dan surat bebas tanggungan dari perpustakaan.
  7. Setelah selesai, mahasiswa menyerahkan bukti fisik bebas tanggungan laboratorium, surat keterangan dari fakultas, dan bebas tanggungan perpustakaan kepada Sri Siswati, A. Md. sebagai arsip.
  8. Proses bebas tanggungan laboratorium selesai.

D. LAYANAN LEMBUR

  1. Mahasiswa mengisi formulir surat ijin lembur di laboratorium yang dapat diunduh di sini
  2. Mahasiswa menandatanggani formulir ijin lembur tersebut dan menyerahkan kepada teknisi/PLP yang bertanggungjawab unit laboratorium yang akan digunakan lembur.
  3. Apabila teknisi/PLP setuju dengan waktu yang telah diajukan, maka teknisi/PLP menandatanggani formulir ijin lembur yang diajukan.
  4. Apabila teknisi/PLP tidak setuju dengan waktu yang telah diajukan, maka teknisi/PLP dan mahasiswa pemohon membuat kesepakatan terkait waktu lembur.
  5. Setelah disepakatinya waktu, mahasiswa mengajukan kembali formulir ijin lembur dan meminta tanda tangan ke teknisi/PLP (rangkap 2).
  6. Selanjutnya formulir tersebut ditandatangani oleh Kepala Laboratorium.
  7. Setelah selesai, mahasiswa menyerahkan formulir ijin lembur (1 lembar) kepada petugas administrasi laboratorium sebagi arsip.
  8. Proses ijin lembur di laboratorium selesai

kegiatan praktikum/penelitian di luar jam kerja harus seijin PLP dan mengetahui kepala laboratorium

E. LAYANAN INHAL

  1. Mahasiswa yang akan melakukan inhal mengisi formulir yang bisa diunduh di sini
  2. Mahasiswa mengisi dan menandatangai formulir inhal dan menyerahkan ke PLP dan di verfikasi
  3. Pranata laboratorium pendidikan memberikan disposisi yang ditujukan kepada asisten
  4. Asisten praktikum mebuat jadwal keterlaksanaan inhal dan menyusun alat dan bahan yang diperlukan
  5. Mengajukan alat dan bahan ke pranata laboratorium pendidikan
  6. Pranata laboratorium pendidikan menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan
  7. Pelaksanaan inhal praktikum oleh mahasiswa yang didampingi oleh asisten
  8. Proses inhal di laboratorium telah selesai